Senin, 12 Desember 2016

Peringkat Universitas di Indonesia, 1-10 Besar 2017 UNGGUL

Tags

Peringkat universitas di indonesia – Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki jumlah universitas yang tergolong banyak. Ada universitas negeri dan juga universitas swasta. Semuanya tak lepas dari majunya tingkat pendidikan di Indonesia bahkan jika dibandingkan dengan beberapa negara. Setidaknya ada 10 peringkat universitas di Indonesia yang bisa dibanggakan prestasinya.


Hal ini tidak lepas dari banyaknya lulusan universitas tersebut yang diakui kompetensinya. Bukan hanya dari dalam negeri, bahkan sampai ke luar negeri. Selain itu, ke 10 lembaga pendidikan tinggi yang masuk dalam peringkat universitas di Indonesia ini juga banyak menelorkan lulusan dalam dan luar negeri. Itu semua termasuk hal yang juga tak kalah membanggakan. Nah, lantas universitas mana sajakah yang masuk 10 peringkat universitas di Indonesia berpredikat terbaik tersebut? Berikut adalah daftar selengkapnya.
Peringkat Universitas Di Indonesia Berpredikat Terbaik 1-10
1. Universitas Gajah Mada (UGM)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Institute Teknologi Bandung (ITB)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Brawijaya (UB)
6. Universitas Padjadjaran (UnPad)
7. Universitas Diponegoro (UnDip)
8. Universitas Airlangga (UnAir)
9. Universitas Udayana
10. Universitas Syah Kuala (USK)
Universitas satu ini termasuk salah satu universitas tertua di Indonesia. UGM berlokasi di provinsi D.I. Yogyakarta. Karena saking terkenal bagusnya universitas ini, sampai samppai berdampak besar bagi provinsi Yogyakarta. Tidak hanya mendongkrak sitem perekonomian, tetapi juga kemajuan Yogya, khususnya dari segi pendidikan. Sampai-sampai Yogyakarta disemati dengan julukan kota pelajar. UGM sendiri masuk dalam peringkat universitas di Indonesia peringkat 1 dengan nilai 1990 dan masuk dalam peringkat dunia di urutan 724.
Peringkat universitas di indonesia urutan ke dua di duduki oleh Universitas Indonesia (UI). UI juga punya sejarah yang hamir sama dengan UGM, yakni termasuk salah sau yang tertua di bumi nusantara ini. Bedanya, UI berlokasi di dekat Ibukota, tepatnya di daerah Depok. Kampus ini juga sudah banyak meluluskan sarjana-sarjana yang berkompeten. Tidak hanya di dalam, tetapi di luar negeri juga ada. Sama halnya dengan UGM, UI juga rutin menggelar seminar, kelas terbuka dan juga program pertukaran pelajar antar negara-negara. Di dalam negeri, UI mendapatkan nilai 1877, dan di luar negeri sendiri UI menempati urutan ke-809 dunia.
Institut Teknologi Bandung atau ITB merupakan Institut yang berdiri cukup lama. Bila dikategorkan dari tahun berdirinya, ITB termasuk yang paling tua. Tak berbeda dengan universitas sebelumnya, ITB memiliki peringkat universitas di Indonesia yang cukup baik, yakni peringkat 3. Sekolah tinggi teknik di Bandung ini termasuk yang bagus dan berkualitas. Hal tersebut tercermin dari nilai yang dikumpulkannya, yakni 1914. Bila dilihat dari kacamata yang lebih luas, peringkat ITB di dunia masuk di urutan ke 895. Itu artinya, baik sistem pendidikan dan lulusannya sangat diperhitungkan didunia kerja.
Bicara soal pertanian, rasanya tidak ada yang tidak mengenal IPB. Ya, Institut yang berfokus pada bidang agriultural ini sangat terkemuka di spesifikasi pertanian. Bahkna tidak sedikit pprofesor pertanian lulusan IPB yang berkarya di dalam maupun di luar negeri. Hal itu tentu saja tak lepas dari konsistensinya menerapkan sistem pendidikan yang baik. Itu lah kenapa dalam peringkat universitas di Indonesia, IPB berhasil menduduki peringkat 4. Mungkin jika dilihat dari skornya, cukup tinggi, yakni 2514. Meski begitu, di peringkat dunia sendiri, IPB berada di urutan ke-1321.
Universitas Brawijaya mungkin tidak termasuk yang cukup populer di Idonesia bagian barat. Namun Jika disurvey dari wilayah timur indonesia, maka tentu banya yang tahu. Ya, UB yang berlokasi di Malang, sehingga secara otomatis dikenal di Indonesia timur. Meski begitu, UB sendiri masuk peringkat universitas di indonesia nomor 5 dengan nilai 3024. Itu artinya UB bukan universitas yang biasa, universitas ini juga patut diperhitungkan. Terbukti di kancah internasional, UB menduduki peringkat ke-1333.
Universitas Padjadjaran lebih dikenal dengan nama UnPad. UnPad ini berlokasi di Bandung da berdekatan dengan kota. Berdasarkan peringkat universitas di Indonesia, UnPad sendiri berada di posisi ke-6. UnPad mengantongi nilai 3032 yang tergolong cukup bagus juga. Hal tersebut terlihat dari kualitas pembelajaran dan lulusannya. Namun untuk peringkat dunianya mungkin tidak terlalu bagus. UnPad saat ini berada di urutan ke-1492 dunia.
Universitas Diponegoro atau UnDip berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. UnDip sendiri memiliki jurusan perkuliahan yang cukup bervariasi, mulai dari pendidikan, ilmu pengetahuan alam, sosial, teknik, bahasa, dll. Jika dilihat dari kualitas pendidikan juga lulusannya, UnDip juga salah satu yang bagus di Indonesia. Dalam hal peringkat universitas di Indonesia, UnDip berada di urutan ke-7. Sedangkan di peringkat dunia ada di urutan ke-1517 dunia. Sehingga secara garis besar, UnDip juga termasuk yang cukup bagus di indonesia dengan nilai 3689.
Universitas Airlangga termasuk salah satu yang terbaik juga. UnAir sendiri terkenal dengan kampus berlulusan yang cukup baik. Khususnya untuk jurusan kesehatannya. Banyak dokter-dokter dan praktisi kesehatan yang berasal dari UnAir. Di indonesia sendiri, menurut data peringkat universitas di Indonesia, UnAir menduduki posisi ke-8 dengan nilai 3746. Jika diurutkan dari posisinya di dunia, UnAir masuk di peringkat 1906 dunia. Tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi, cukuplah untuk kategori universitas yang memiliki nilai seperti itu.
Universitas Udayana adalah sebuah universitas yang berlokasi di Bali. Bagi sebagian orang, Udayana mungkin masih sedikit asing. Sebab universitas ini memang menjadi pilihan kesekian setelah beberapa universitas di atas tadi. Namun Udayana sangat berkembang pesat dari hari ke hari. Udayana sendiri perlahan menjelma menjadi universitas yang patut diperhitungkan, baik dari segi pembelajaran maupun prestasi lulusannya. Hal ini tercermin dari peringkat universitas di Indonesia yang berada di peringkat ke-9 denga nilai 3204. Sedangkan di peringkat dunia, Udayana mendapatkan peringkat 1959 dunia. Lumayan bagus untuk ukuran universitas yang baru berdiri di era orde baru.
Universitas Syah Kuala berlokasi di Nanggroe Aceh Darussalam. USK tergolong cukup populer di Sumatera dan Kalimantan. Banyak dari putra-putri kedua pulau itu belajar ke sana. Alasannya karena USK mempunyai kualitas pendidikan yang mumpuni. Bahkan jika dibandingkan dengan universitas lain di dua pulatersebut, USK yang paling unggul. Terlihat jelas bila ditilik dari urutan peringkat universitas di Indonesia saat ini, USK berada di posisi sepuluh. Universitas dari tanah serambi mekah ini mengumpulkan nilai 2514. Sehingga dengan prestasinya ini, USK berhasil masuk dalam peringkat 1976 dunia.
Nah, itulah tadi ke sepuluh urutan peringkat universitas di Indonesia saat ini. Berdasarkan beberapa sumber yang didapatkan, kesepuluh universitas ini memiliki sesifikasi jurusn unggulan. Namun secara garis besar, kesemuanya memiliki kualitas yang memang mumpuni. Baik itu dari segi sistem tata kelola pendidikan, kinerja akdemis, kualitas lulusan, maupun peringkat dunia nya. Jadi tidak ada salahnya bila memasukkan salah satu list universitas di atas untuk tujuan pendidikan selanjutnya.
SUMBER.http://kliping.co/peringkat-universitas-di-indonesia/


EmoticonEmoticon