Jumat, 17 Februari 2017

Hindarkan Laptop Anda dari Junkware dengan Cara Ini

Tags

adware
Hindarkan Laptop Anda dari Junkware dengan Cara Ini
Saat ini, banyak sekali pengguna laptop yang merasa terganggu dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang tak diundang dan sangat mengganggu aktivitas. Pasalnya, software semacam ini akan berjalan di belakang layar dan hal yang sudah pasti akan terjadi adalah konsumsi memori di laptop akan bertambah drastis.
Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu waspada dan tahu bagaimana cara mengatasi hadirnya junkware atau software sampah di laptop kita. Satu-satunya cara untuk mengatasinya tentu dengan menghapusnya.
Sayangnya, tidak semua junkware mudah dihapus. Kebanyakan junkware adalah software yang isinya berupa iklan. Oleh karena itu, dalam proses uninstall pun, junkware biasanya akan merujuk pada suatu perintah untuk menginstall junkware baru atau membuka laman web tertentu yang akhirnya membuat kita tanpa sadar mengunduh dan menginstall junkware lainnya. Untuk itu, supaya Anda tidak terjebak dalam lingkaran junkware, lakukan empat cara berikut ini.
Artiket terkait  Kenapa Banyak yang Lebih Memilih Laptop Windows Ketimbang MacBook?

Hati-hati ketika instalasi atau download

adware 1
Yang sering menjadi jalan masuk bagi junkware adalah proses instalasi suatu software atau saat Anda mengunduh suatu data dari internet. Salah satu contohnya adalah ketika Anda ingin mengunduh sebuah ebook dari situs tertentu, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan download dengan nama file ebook tersebut, hanya saja ekstensi file yang seharusnya *.pdf kini berubah menjadi *.exe. Saat itulah Anda harus berhati-hati, karena ebook yang Anda download tidak mungkin berekstensi .exe, maka sudah pasti itu adalah junkware yang disisipkan.
Hal yang sama terjadi ketika Anda menginstal suatu software. Sebab junkware adalah software promosi yang dipaksakan masuk, maka biasanya junkware akan dipaketkan (bundling) dengan software lainnya. Dalam proses instalasi, biasanya Anda akan ditawari apakah Anda ingin software ini dan itu, maka sebaiknya Anda menolak tawaran itu dan berhati-hatilah dalam membaca petunjuk instalasi.
Artiket terkait  Tips Memperbaiki Harddisk Laptop yang Rusak Tidak Bisa Booting
Cara lain yang sering digunakan oleh penyebar junkware adalah dengan mengatakan bahwa laptop Anda mengalami kerusakan atau kurang sesuatu sehingga Anda direkomendasikan untuk mendownload atau menginstal suatu software yang ternyata hanyalah sebuah junkware. Jadi, berhati-hatilah ketika memasukkan sesuatu ke dalam sistem di laptop Anda.

Gunakan software unchecky

unchecky
Tenang saja, software ini bukanlah junkware. Justru, software ini bisa dibilang sebagai anti-junkware. Fungsi dari software ini adalah untuk melakukan pemeriksaan terhadap sebuah software yang baru diunduh sehingga nantinya, saat proses instalasi, Anda tidak perlu khawatir terjebak dalam instalasi junkware.

AdwCleaner

adwcleaner
Aplikasi ini lebih mirip sebuah antivirus atau anti-malware. Hal ini dikarenakan fungsinya untuk melakukan scanning di laptop Anda dan menghapus berbagai junkware yang berhasil dideteksinya, terutama apabila junkware tersebut merupakan sebuah software yang sifatnya mengiklankan software lainnya lagi. Oleh karena itu, AdwCleaner adalah software yang patut Anda miliki sebagai cadangan apabila Anda menginstall atau mendownload dengan tidak hati-hati.
Artiket terkait  Begini Kriteria Laptop Gaming Terbaik untuk Anda

Gunakan Antivirus

Mengapa Antivirus? Apakah junkware tergolong suatu virus? Ya, beberapa junkware memang tergolong virus. Hal ini dikarenakan fungsi dari junkware itu sendiri yang tidak diakui siapapun. Bahkan, tidak jarang ada kasus junkware yang fungsinya hanya untuk menggiring Anda untuk mendownload lebih banyak junkware lainnya lagi.
Namun, karena tidak semua junkware bersifat mengganggu seperti ini, maka tidak semua junkware akan terdeteksi oleh Antivirus.
Itulah empat tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghapus junkware di dalam laptop Anda. Lakukanlah empat tips tersebut dengan cermat agar laptop Anda bersih dan bebas dari junkware yang tentunya sangat mengganggu performa.
Tags: #adwere #Laptop #tips laptop


EmoticonEmoticon