Jumat, 17 Februari 2017

Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar

Tags

laptop jadul
Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar
Laptop adalah perangkat yang tidak bisa lepas dari kita saat ini. Dari mulai anak sekolah hingga pekerja atau pengusaha, semua membutuhkan laptop. Penggunaannya pun beragam. Ada pengguna laptop yang hanya membutuhkan laptop untuk sekedar mengetik dan membuat laporan, ada pula yang menggunakan laptopnya sebagai perangkat inti untuk bekerja, seperti programmer dan sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki laptop dengan kinerja prima.
Sayangnya, laptop adalah perangkat yang semakin lama akan semakin tidak bisa diandalkan. Untuk memiliki laptop dengan performa yang bagus, kebanyakan orang akan berpikir untuk menjual atau membuang laptop lama mereka dan membeli yang baru. Namun, hal ini bisa dikatakan sebagai suatu pemborosan, terutama bila orang tersebut tidak memiliki budget yang cukup sehingga terkesan dipaksakan. Untuk itu, simaklah tips-tips berikut agar laptop jadul Anda kembali menjadi laptop yang “bugar”.
Artiket terkait  Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Rawat Hardware

Ingat, laptop adalah perangkat keras. Jadi, perawatan yang diperlukan tidak hanya scanning virus saja, melainkan scanning debu. Bongkar laptopmu untuk melakukan pembersihan bagian dalam menggunakan kuas atau sejenisnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti pasta konduktor agar processor tidak panas. Processor yang panas adalah salah penyumbang terbesar yang membuat laptop Anda menjadi lambat.

Upgrade RAM

upgrade ram
RAM adalah komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara. Artinya, jika RAM yang Anda gunakan memiliki kapasitas kecil, jangan heran bila laptop jadul Anda menjadi kurang handal ketika membuka beberapa aplikasi yang lumayan berat. Untuk mendapatkan performa terbaik, upgrade RAM hingga minimal 8 GB.

Instal Ulang OS

install os
Operating System atau biasa disebut OS adalah program inti dari laptop Anda. Pada prakteknya, OS akan menyimpan banyak data yang sebenarnya bersifat temporary. Oleh karena itu, lakukanlah instalasi ulang OS Anda paling tidak setiap 5 tahun sekali. Hal ini perlu untuk menjaga harddisk tetap bersih dari file-file yang tidak diperlukan. Namun, jangan lupa melakukan pencadangan atau back up data penting sebelum menginstal ulang OS.
Artiket terkait  Laptop Perdana Xiaomi Notebook Air Gebrak Pasar Global

Gunakan OS Lama

OS yang dibuat baru-baru ini mengunggulkan penampilan dan juga ketersediaan jika digunakan software-software berat. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan laptop lama, jangan gunakan OS baru. Ketidakmampuan hardware-mu dalam menangani OS baru akan membuat laptop menjadi lambat. Sebagai alternative, tetaplah gunakan OS lama karena spesifikasi laptopmu yang terbatas.

Perhatikan Virus dan Aplikasi

virus
Virus adalah salah satu penyebab lambatnya kinerja sebuah laptop. Oleh karena itu, lakukanlah pembersihan virus menggunakan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di pasaran bahkan gratisan. Selain virus, perhatikan juga aplikasi-aplikasi yang tersimpan. Jika terdapat sebuah aplikasi yang rasanya tidak akan digunakan melainkan hanya sekedar ingin “punya” mengikuti jaman, alangkah baiknya bila aplikasi tersebut di-uninstall. Dengan menambah ruang pada harddisk, maka laptopmu akan berjalan dengan lebih baik lagi
Artiket terkait  4 Laptop Kantor Murah dengan Spesifikasi Terbaik
Ganti HDD ke SSD
harddisk
SSD atau Solite State Drive adalah jenis harddisk yang menggunakan teknologi elektronik material. Oleh karena itu, proses pengoperasian  laptop pun akan jadi pebih cepat dibanding laptop yang menggunakan HDD (Hard Disk Drive). Selain terkait performa laptop, penggunaan SSD akan menjadikan laptop terasa lebih ringan secara fisik.
Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan agar laptop jadul Anda tetap memiliki performa gahar seperti masih baru. Namun, jika dirasa masih belum maksimal juga, sebaiknya Anda melakukan upgrade dengan membeli laptop baru yang punya spek lebih bagus. Selamat mencoba!
Tags: #Laptop #tips laptop #tips merawat laptop


EmoticonEmoticon